HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMAN 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Rifai, Fariz (2016) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMAN 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Ilmiah.rtf

Download (170kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015, 2) Ada atau tidaknya hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015, 3) Ada atau tidaknya hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif ex-post facto dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik propotional random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 173 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Angket yang digunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil analisis korelasi: 1) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015, dengan r hitung (0,106) < r tabel (0,148). 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015, dengan, dengan r hitung (0,186) > r tabel (0,148) dan r2 = 3,47 %. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015, dengan R hitung (0,191) > r tabel (0,148) dan R2 = 3,65 %. Hasil analisis regresi tunggal variabel kemandirian belajar dengan variabel prestasi belajar kimia didapatkan persamaaan regresi tunggal Y = 0,338X + 10,424. Hasil analisis regresi ganda didapatkan persamaaan regresi ganda Y = 0,064 X1 + 0,308 X2 + 8,515.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanfaatan Sumber Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Kimia.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:37
Last Modified: 06 Jul 2018 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5268

Actions (login required)

View Item View Item