PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS X MAN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

WITANTI, EVAN NURDIAN (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS X MAN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL EVAN NURDIAN WITANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan antara penerapan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa antara siswa yang memiliki peta pikiran tinggi dan siswa yang memiliki peta pikiran rendah, (3) adanya interaksi antara penerapan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional dengan peta pikiran terhadap hasil belajar kimia siswa, (4) adanya perbedaan antara penerapan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa yang memiliki peta pikiran tinggi, serta (5) adanya perbedaan antara penerapan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa yang memiliki peta pikiran rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Materi yang diajarkan adalah materi minyak bumi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis varians dua jalan yang dilanjutkan dengan uji t, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) model Problem Based Learning berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) hasil belajar kimia siswa tidak berbeda secara signifikan antara siswa yang memiliki peta pikiran tinggi dengan siswa yang memiliki peta pikiran rendah, (3) terdapat interaksi antara penerapan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional dengan peta pikiran terhadap hasil belajar kimia siswa, (4) model Problem Based Learning berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar kimia siswa yang memiliki peta pikiran tinggi, serta (5) model Problem Based Learning berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar kimia siswa yang memiliki peta pikiran rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, peta pikiran, hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:37
Last Modified: 06 Jul 2018 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item