PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMA NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

YULINARTI, INTAN (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMA NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1 - 6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran kimia materi pokok koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2012/2013 terhadap: (1) kemandirian belajar ditinjau dari gaya kognitif dan (2) prestasi belajar ditinjau dari gaya kognitif. Subyek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI IPA 4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran berbasis masalah. Data kemandirian belajar diperoleh melalui lembar observasi kemandirian siswa dan data prestasi belajar diperoleh melalui tes tertulis (post-test). Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian siswa gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan kemandirian siswa gaya kognitif field dependent, dengan kriteria kemandirian siswa berturut-turut “sangat mandiri” dan “cukup mandiri”, (2) prestasi belajar kimia siswa gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan siswa gaya kognitif field dependent, presentase ketuntasan minimal berturut-turut sebesar 100% dan 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh lebih baik terhadap kemandirian belajar kimia siswa field independent dibandingkan dengan field dependent pada materi pokok koloid pada siswa kelas XI 4 IPA SMA Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2012/2013, (2) penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar kimia siswa field independent dibandingkan dengan field dependent pada materi pokok koloid pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terjadi karena karakteristik siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yaitu mandiri, aktif, dan tidak bergantung pada orang lain sesuai dengan kondisi yang diperlukan dalam model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan karakteristik siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent yang cenderung kurang bertanggung jawab dan kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran berbasis masalah, kemandirian, prestasi belajar, field dependent-field independent
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:58
Last Modified: 09 Jul 2018 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item