PENGARUH PENERAPAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Muliawati, Harni (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL HARNI MULIAWATI.docx

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media puzzle terhadap prestasi belajar kimia materi pokok minyak bumi pada siswa kelas X MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X reguler yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas X1 sampai X5. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan media puzzle sedangkan pada kelas kontrol berupa pembelajaran dengan metode ceramah dan latihan soal. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes tertulis (post test) yang dianalisis menggunakan uji homogenitas (uji F) dan uji beda (uji t). Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 57,35 dengan ketuntasan 23,53% sedangkan untuk kelas kontrol 66,86 dengan ketuntasan 39,39%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung lebih kecil dari ttabel (-2,18 < 1,671). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media puzzle memberikan pengaruh yang tidak lebih baik terhadap prestasi belajar kimia materi pokok minyak bumi pada siswa kelas X MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media puzzle, prestasi belajar, minyak bumi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:56
Last Modified: 09 Jul 2018 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item