Irawan, Jono (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MOLYMOD DAN METODE PETA PIKIRAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I Rev.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Prestasi belajar kimia yang rendah melatarbelakangi penelitian ini yang merupakan penelitian quasi experimental dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan molymod dan metode peta pikiran terhadap prestasi belajar kimia materi pokok hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Labuapi. Molymod membuat materi hidrokarbon yang abstrak menjadi konkrit, sedangkan metode peta pikiran memudahkan siswa dalam mengingat pelajaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling. Kelas X.B sebagai kelas eksperimen dan kelas X.A sebagai kelas kontrol. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan soal tes pilihan ganda (post-test). Hasil post-test menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,125 dengan ketuntasan klasikal 20,0%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,569 dengan ketuntasan klasikal 5,556%. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (1,064) lebih kecil daripada ttabel (1,684) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu penggunaan molymod dan metode peta pikiran tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada metode ceramah dan tanya jawab terhadap prestasi belajar kimia materi pokok hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Labuapi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Molymod, Peta Pikiran (Mind Mapping), Hidrokarbon. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 02:56 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 02:56 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5293 |
Actions (login required)
View Item |