AGUSTINA, YULIA (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK REAKSI REDOKS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ISI.doc Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 1 Lingsar menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada materi pokok rekasi redoks masih rendah. Hal ini diungkapkan oleh guru kimia SMAN 1 Lingsar yang menyatakan bahwa pemahaman siswa pada materi pokok reaksi redoks masih belum maksimal yang menyebabkan nilai siswa pada materi tersebut masih di bawah rata-rata. Proses pembelajaran yang monoton karena didominasi dengan metode ceramah menyebabkan pembelajaran cenderung hanya berlangsung dari satu arah (pihak guru). Dengan metode ini siswa sekedar sebagai pendengar pasif dalam kelas yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajar. Oleh karena itu perlu diupayakan suatu bentuk pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif terlibat dalam proses kegiatan belajar semaksimal mungkin, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan menggunakan posttest only control design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) terhadap prestasi belajar kimia materi pokok reaksi redoks pada siswa kelas X SMAN 1 Lingsar tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lingsar tahun ajaran 2009/2010 (kecuali kelas X1 dan X2 karena merupakan kelas SSN). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X6 sebagai kelas kontrol dan X7 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan metote konvensional. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 78,55 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,68. Berdasarkan hasil analisis uji-t (satu pihak) diperoleh thitung (2,2327) lebih besar daripada ttabel (1,671) pada taraf signifikan 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yakni siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan metode konvensional materi pokok reaksi redoks pada siswa kelas X SMAN 1 Lingsar tahun ajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | TAI (Team Accelerated Instruction), Prestasi Belajar, Reaksi Redoks. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 02:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 02:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5300 |
Actions (login required)
View Item |