PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X SMAK KESUMA MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

SAPUTRA, EKA HADY (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X SMAK KESUMA MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi komplete.docx
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya: (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada materi pokok hidrokarbon di SMAK Kesuma Mataram Tahun Aajaran 2010/2011 (2) Perbedaan prestasi belajar siswa pada kelompok tinggi dan kelompok rendah yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (3) Perbedaan prestasi belajar siswa pada kelompok tinggi dan kelompok rendah yang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (4) Interaksi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental dengan rancangan faktorian 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAK Kesuma Mataram yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 37 siswa dan 40 siswa. Kedua kelas ini terdiri dari kelompok tinggi dan kelompok rendah yang dibagi berdasarkan kemampuan awalnya dalam hal ini nilai mid mata pelajaran kimia Tahun Ajaran 2010/2011. Teknik analisis data menggunakan Anova Dua Jalan (Analisys of Varians Two Way) pada taraf signifikan 2.5% dan dilanjutkan dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon (2) Prestasi belajar siswa pada kelompok tinggi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa pada kelompok tinggi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (3) Prestasi belajar siswa pada kelompok rendah yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa pada kelompok rendah tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan model pembelajara koperatif tipe CIRC dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada materi pokok hidrokarbon di SMAK Kesuma Mataram Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CIRC, prestasi belajar, kelompok tinggi, kelompok rendah.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:55
Last Modified: 09 Jul 2018 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item