PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW DENGAN STRATEGI PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X MA NURUL HARAMAIN PUTRI NARMADA TAHUN AJARAN 2010/2011

Wa’idah, Nurul (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW DENGAN STRATEGI PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X MA NURUL HARAMAIN PUTRI NARMADA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,3,4,5,6.doc
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGSAW dengan strategi peta konsep terhadap prestasi belajar kimia pada siswa kelas X MA Nurul Haramain Putri Narmada tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kelas X-B sebagai kelas penerapan tipe STAD dengan strategi peta konsep dan Kelas X-C sebagai kelas penerapan tipe JIGSAW dengan strategi peta konsep. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes (pilihan ganda). Hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 64,58, sedangkan untuk kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe JIGSAW diperoleh nilai rata-rata 57,88. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t (uji beda). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 7,78 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi peta konsep dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dengan strategi peta konsep. maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada tipe JIGSAW jika diterapkan dalam pembelajaran kimia materi pokok ikatan kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD, JIGSAW, Peta Konsep
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:54
Last Modified: 09 Jul 2018 02:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item View Item