PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MENGGUNAKAN MEDIA LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

HARDARIYANI, HARDARIYANI (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MENGGUNAKAN MEDIA LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BABI - BABIV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan menggunakan media LKS terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Model pembelajaran tutor sebaya merupakan bantuan siswa yang memiliki kemampuan lebih (tutor) terhadap teman sebaya yang memiliki kemampuan rendah, dan dilakukan diskusi berkelompok serta menggunakan media LKS yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Mataram yang berjumlah 12 kelas. Sampel dalam penelitian ini sudah ditentukan oleh pihak sekolah sehingga digunakan kelas X.A sebagai kelas kontrol dan kelas X.B sebagai kelas eksperimen. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis varians satu jalan (one way anova) dengan menggunakan nilai murni semester 1 siswa sebagai data awal. Untuk data akhir berupa Post test senyawa hidrokarbon yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 40 soal yang di bagi dalam 2 paket soal, yaitu soal paket A dan soal paket B. Hasil analisis reliabilitas kedua soal menggunakan rumus KR-20, berturut-turut yaitu 0,675 dan 0,781 termaksud dalam kriteria tinggi. Melalui analisis data hasil post test diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,523 dengan ketuntasan 64,28% sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 74,167 dengan ketuntasan 92,85%. Berdasarkan analisis varians satu jalan (one way anova) diperoleh Fhitung (26,75) lebih besar dari pada Ftabel (3,96) pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model pembelajaran tutor sebaya dengan menggunakan media LKS memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar kimia pada siswa kelas X semester 2 SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Tutor Sebaya, media LKS, Senyawa hidrokarbon, Prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:54
Last Modified: 09 Jul 2018 02:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item View Item