STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON MENGGUNAKAN PENDEKATAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DAN PENDEKATAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS X SMAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

Putri, Cinthya Mandasari (2010) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON MENGGUNAKAN PENDEKATAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DAN PENDEKATAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS X SMAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia di SMAN 2 Mataram didominasi oleh metode ceramah, dimana metode ceramah yang disertai dengan contoh soal dan latihan soal ini menyebabkan kejenuhan belajar pada siswa, siswa menjadi pasif, interaksi berlangsung satu arah yaitu dari guru kepada siswa, dan siswa hanya mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia pada materi hidrokarbon menggunakan pendekatan mencari pasangan (make a match) dan pendekatan teams games tournament (TGT) siswa kelas X SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Mataram. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik tes yang digunakan untuk mengukur data hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda (objektif). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji F (uji homogenitas) dan uji-t (uji beda). Melalui analisis data hasil post test diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas (X10) dengan pendekatan make a match sebesar 76 dan 97,62% yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas (X8) dengan pendekatan teams games tournament yaitu 54,63 dan 33,33%. Berdasarkan uji hipotesis harga thitung (9,01) lebih besar daripada ttabel (1,6775). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan mencari pasangan (make a match) dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan teams games tournament (TGT).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, pendekatan mencari pasangan (make a match), pendekatan teams games tournament (TGT)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:53
Last Modified: 09 Jul 2018 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item