PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA MUHAMMADIYAH MATARAM PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA TAHUN AJARAN 2008/2009

KUSNIATI, ETY (2010) PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA MUHAMMADIYAH MATARAM PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia di SMA Muhammadiyah Mataram bersifat konvensional dimana guru cenderung menerapkan metode ceramah tanpa adanya variasi metode sehingga siswa bersifat pasif (aktivitas belajarnya rendah). Hal ini diduga menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengatasi masalah di atas yaitu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Team Game Tournament (TGT) pada pokok bahasan termokimia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Pelaksanaan pembelajaran pada setiap siklus dilakukan dengan metode TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana siklus I tergolong cukup aktif dengan nilai rata-rata 8,49; siklus II tergolong aktif dengan nilai rata-rata 13,58; siklus III tergolong aktif dengan nilai rata-rata 14,93. Dari analisis data hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I, II, III adalah 47,54; 59,06; 77,06. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah Mataram tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan metode TGT
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:53
Last Modified: 09 Jul 2018 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item