IDENTIFIKASI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KIMIA DASAR I PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN TAHUN 2008

WIDIANA, YULIAN (2010) IDENTIFIKASI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KIMIA DASAR I PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN TAHUN 2008. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
9. isi Bab 1_6.doc
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru di bidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional mahasiswa dan mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kimia Dasar I pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram angkatan tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggambarkan hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kimia Dasar I. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram angkatan 2008 dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 26 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu teknik dokumentasi dan angket. Instrument penelitian berupa angket kecerdasan emosional yang bersifat tertutup yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linier sederhana, dengan persamaan regresi yang diperoleh Y = 40,25 + 0,498 X. Dari analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram angkatan 2008 masuk pada kategori sedang dan tingkat prestasi belajar Kimia Dasar I secara umum termasuk dalam kategori tinggi. Dari uji korelasi diperoleh nilai r hitung 0,790 > r tabel yaitu 0,388 yang menunjukkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kimia Dasar I mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Angkatan 2008. Kekuatan pengaruh (determinasi) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Kimia Dasar I sebesar 62,41%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Kimia Dasar I.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:52
Last Modified: 09 Jul 2018 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item