Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Think-Pair-Share (TPS)” Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Labuapi

PRIHANTINI, LIZA (2010) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Think-Pair-Share (TPS)” Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Labuapi. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Labuapi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanannya dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Labuapi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan diakhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas diperoleh 68,02 dengan ketuntasan belajar siswa 63,89%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,24 dengan ketuntasan belajar siswa 90,32%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 83,98 dengan ketuntasan belajar siswa 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2007/2008 pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share (TPS)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:52
Last Modified: 09 Jul 2018 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item