PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SQ3R DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS XI SEMESTER II DI MAN 2 MATARAM

BADARIAH, MASLAHATUL (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SQ3R DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS XI SEMESTER II DI MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB II tertertretrebaru.doc
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA1 MAN 2 Mataram pada Materi Pokok Stoikiometri Larutan. Dari hasil perhitungan siklus I diperoleh skor aktivitas siswa sebesar 2,75 dengan kategori cukup aktif, sedangkan skor aktivitas siswa siklus II sebesar 4,0 dengan kategori aktif. Hasil perhitungan rata-rata nilai prestasi belajar pada siklus I diperoleh 62,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 58%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 82,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 89%. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA1 MAN 2 Mataram pada materi pokok Stoikiometri Larutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:24
Last Modified: 09 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item