STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MATERI POKOK STRUKTUR ATOM KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

YANTI, NI NYOMAN EVIE (2010) STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MATERI POKOK STRUKTUR ATOM KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tipe Numbered Heads Together pada Materi Pokok Struktur atom Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram. Pengambilan sampel kelas untuk eksperimen dilakukan dengan teknik simple random sampling. Setelah pembelajaran dilakukan, data dikumpulkan dengan teknik tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa pada dua metode yang diujicobakan. Analisis data yang digunakan adalah uji-F (uji homogenitas) dan uji-t (uji beda). Melalui analisis data hasil post test diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas eksperimen tipe Numbered Heads Together 77,67 dan 88,89 % yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas eksperimen tipe Think Pair Share yaitu 72 dan 75 %. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh harga thitung (2,37) lebih besar dari harga ttabel ¬(1,66). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode struktural tipe Think Pair Share dengan tipe Numbered Heads Together pada Materi Pokok Struktur atom Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Numbered Heads Together, Struktur atom
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:24
Last Modified: 09 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5396

Actions (login required)

View Item View Item