Penerapan Metode Inquiri untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Prestasi Belajar Materi Pembelajaran Larutan Asam dan Basa pada Siswa Kelas XI IPA MA Al-Azziziyah Tahun Ajaran 2008/2009.

Muliawati, Louisiana (2010) Penerapan Metode Inquiri untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Prestasi Belajar Materi Pembelajaran Larutan Asam dan Basa pada Siswa Kelas XI IPA MA Al-Azziziyah Tahun Ajaran 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
kajian umum.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada Materi Pembelajaran Larutan Asam dan Basa. Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPA semester II tahun pelajaran 2008/2009, yang berjumlah 25 orang, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan skor untuk aktifitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III adalah : 7,125; 12,75; 17,625. Untuk prestasi belajar siswa mengalami sedikit penurunan pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar untuk siklus I adalah 6,38 dan 52 % menjadi 6,27 dan 60 % pada siklus II. Hal ini disebabakan karena pada siklus II ini siswa kurang latihan dalam aplikasi soal yang bersifat hitungan. Tetapi pada siklus III prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dan sudah memenuhi target yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar dan persentase Ketuntasan belajar sebesar: 7,25 dan 88 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA semester II MA Al-Aziziyah tahun pelajaran 2008/2009 pada Materi Pembelajaran Larutan Asam dan Basa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inquiry, Aktifitas Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:23
Last Modified: 09 Jul 2018 06:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item View Item