PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA DARUL HIKMAH PAGUTAN MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

JUSMIATI, JUSMIATI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA DARUL HIKMAH PAGUTAN MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Teams Games Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Darul Hikmah Pagutan Mataram yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pada tiap akhir siklus dan memberikan lembar observasi kepada observer untuk mengamati aktivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.Teknis analisis data untuk prestasi belajar siswa dilakukan dengan menentukan nilai rata-rata prestasi belajar siswa dan ketuntasannya secara klasikal berdasarkan SKBM yang telah ditentukan dari sekolah. Untuk Aktivitas guru dan siswa dianalisis dengan menghitung skor dari masing-masing indikator, kemudian ditotalkan untuk mengetahui kategori aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 50,92 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 20, dengan ketuntasannya mencapai 65,78 %. Sedangkan aktivitas siswa tergolong aktif dengan skor total 42 dan aktivitas guru tergolong aktif dengan skor total 10. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 58,15 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 30, dengan persen ketuntasannya mencapai 82%. Sedangkan aktivitas siswa tergolong kurang aktif dengan skor total 42 dan aktivitas guru tergolong sangat aktif dengan skor total 15. Pada siklus III prestasi belajar siswa cenderung meningkat hal ini terlihat dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang terus meningkat sebasar 63,82 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 45, dengan persen ketuntasannya mencapai 92,11%. Sedangkan aktivitas siswa tergolong aktif dengan skor total 45 dan aktivitas guru tergolong sangat aktif dengan skor total 15. Berdasarkan hasil Penelitian tersebut menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada materi pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Darul Hikmah Pagutan Mataram Tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar, Tipe Team Games Tournament, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item