Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Mataram

ASTRIA, FITRI PUJI (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) pada materi ikatan kimia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2009/2010. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan kelompok tak setara karena pemilihan sampel tidak dilakukan secara acak disebabkan sudah terbentuk dalam kelas yang utuh. Dua kelas tersebut adalah kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol. Penentuan kedua kelas untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol tetap dilakukan dengan pengundian sederhana. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Learning Cycle 3 fase meliputi fase eksplorasi, pengenalan konsep dan aplikasi konsep. Pada fase eksplorasi siswa menganalisis berbagai ilustrasi, bacaan maupun gambar serta melakukan percobaan sederhana di laboratorium untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya. Pada fase pengenalan konsep, siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan teman kelompoknya untuk memperoleh pemahaman konsep yang benar. Guru memiliki peranan yang besar dalam hal ini untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan yang baru. Selanjutnya pada fase aplikasi konsep siswa menggunakan kemampuan yang telah didapatkan tersebut untuk memecahkan soal dalam bentuk yang lebih kompleks lagi. Sedangkan pada kelas kontrol hanya menggunakan pembelajaran konvensional berupa ceramah dan latihan soal. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes evaluasi hasil belajar ikatan kimia pada kedua kelas. Data yang didapatkan dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata serta ketuntasan klasikal kedua kelas. Hasil evaluasi menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 60,98 dan kelas kontrol sebesar 47,70 dengan ketuntasan pada masing-masing kelas sebesar 63,16% dan 5,56%. Selain itu digunakan data IQ siswa sebagai data awal untuk melihat keadaan awal kedua kelas yang dianalisis menggunakan analisis varian (anava). Analisis menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan dari segi kecerdasan (IQ). Untuk itu pada analisis akhir digunakan analisis kovariansi (anakova) dengan mengikutsertakan data IQ siswa sebagai data awal dan hasil evaluasi ikatan kimia sebagai data akhir. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan nilai probabilitas pada taraf signifikan 5% (p value 0,05). Berdasarkan analisis diperoleh nilai probabilitas data (p value) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil daripada nilai signifikansi kategorik yang digunakan, yaitu 0,05 sehingga mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) memberikan pengaruh yang lebih baik secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar ikatan kimia dibandingkan dengan pembelajaran tradisional (ceramah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Cycle, ikatan kimia, hasil belajar siswa.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item