PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER I DI SMA NEGERI 2 MARATAM TAHUN AJARAN 2010/2011

BUDI, I MADE KRISNA (2010) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER I DI SMA NEGERI 2 MARATAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Media Flash terhadap pembelajaran kimia pada pokok bahasan struktur atom terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Mataram dan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol, yang ditentukan dengan cluster sampling. Perangkat yang dikembangkan meliputi Media Flash dalam pembelajaran dan kuis. Pendekatan dengan menggunakan pretes dan postes. Pretes digunakan untuk mengetahui kemampuan awal dari siswa tentang materi sebelum diberikan perlakuan sedangkan postes digunakan untuk memperoleh data prestasi. Data hasil pretes kemudian di uji dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,304 < Ftabel sebesar 1,69 yang berarti varians data homogen. Selanjutnya digunakan uji-t sehingga diperoleh thitung sebesar 0,25 < ttabel sebesar 1,99, sehingga dapat dikatakan siswa memiliki kemampuan yang sama sebelum diberikan perlakuan. Pada data hasil postes diperoleh rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 78,05 dan untuk kelas kontrol sebesar 68,69. Kemudian data postes diuji homogenitas datanya dengan uji-F dimana diperoleh thitung sebesar 1,56 < dari ttabel sebesar 1,99, sehingga data dapat dikatakan homogen. Selanjutnya data prestasi di ujikan dengan uji t polled varians, diperoleh thitung sebesar 3,24 > ttabel sebesar 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Melalui Media Flash, pemahaman materi oleh siswa terbentuk lebih konkrit. Selain itu, media ini mampu memberikan semangat untuk berkompetisi serta meningkatkan prestasi siswa. Kesimpulannya bahwa penerapan Media Flash berpengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom pada siswa kelas X semester I SMA Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Flash, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item