PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING PENDEKATAN POST SOLUTION POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDUKSI-OKSIDASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATULAYAR SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010

JUMAINI, SRI LAELA (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING PENDEKATAN POST SOLUTION POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDUKSI-OKSIDASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATULAYAR SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batulayar tahun ajaran 2008/2009 materi pokok reaksi reduksi-oksidasi tergolong rendah. Nilai rata-rata ulangan harian siswa pada materi tersebut adalah 54,78 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45%. Dalam proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan memberikan strategi dalam penyelesaian soal yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe problem posing pendekatan post solution posing terhadap prestasi belajar materi pokok reaksi reduksi-oksidasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batulayar semester II tahun ajaran 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batulayar. Pengambilan sampel kelas untuk kelas eksperimen dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi untuk memperoleh data awal siswa (nilai raport) dan tes objektif yang telah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukarannya untuk mengukur prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas (uji-F) dan uji beda (uji-t). Hasil analisis data akhir (postest) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,27 > nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61,87. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh harga thitung =3,99 > ttabel =1,671. Berarti hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing pendekatan post solution posing berpengaruh terhadap prestasi belajar materi pokok reaksi reduksi-oksidasi siswa kelas X SMA negeri 1 Batulayar semester II tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, Problem Posing, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item View Item