Majah, Ibnu (2010) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dengan Media LKS Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X MA Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2009/ 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk melihat pengaruh penerapan media kartu terhadap prestasi belajar kimia materi pokok hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Mataram. Perlakuan yang dimaksud adalah penerapan media kartu pada kelas eksperimen (X5) yang nantinya akan dibandingkan dengan kelas kontrol (X6) yang tidak menggunakan media kartu pada proses pembelajarannya. Populasi adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 2 Mataram. Sampel penelitian adalah kelas X5 dan kelas X6 yang diambil menggunakan teknik sampling purposive. Data prestasi belajar diambil melalui tes. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar kimia siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai tertinggi sebesar 91,67, nilai terendah sebesar 25, dan nilai rata-rata 56,67, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 91,67, nilai terendah 33,33, dan nilai rata-rata sebesar 57,25 serta ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 30% yang tidak terlalu jauh berbeda dengan ketuntasan klasikal kelas kontrol yaitu sebesar 39,13%. Secara statistik uji-t diperoleh thitung (0,0996) lebih kecil dari pada ttabel (2,021) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha pada penelitian ini ditolak yang artinya penerapan media kartu tidak menghasilkan prestasi belajar kimia materi pokok hidrokarbon yang lebih baik secara signifikan pada siswa kelas X semester II SMA Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2008/2009.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Prestasi Belajar, Hidrokarbon. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 01:34 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 01:34 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5423 |
Actions (login required)
View Item |