PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDOKS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MATARAM SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010

JUSMAWATI, JUSMAWATI (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDOKS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MATARAM SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa materi pokok reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan dua kelas sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling, yakni X-B sebagai kelas eksperimen dan X-D sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh thitung sebesar 5,29, sedangkan harga t sebagai pengganti t tabel diperoleh 2,05. Bila dibandingkan antara thitung dengan ttabel maka thitung lebih besar daripada ttabel ( 5,29 > 2,05 ) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar materi pokok reaksi redoks pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Mataram. Berdasarkan perbandingan prestasi belajar siswa kedua kelas yaitu pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 95,24, nilai terendah sebesar 47,62 dan nilai rata-rata 72,45 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,14%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 90,48, nilai terendah 38,10, nilai rata-rata 55,51 dan ketuntasan klasikal sebesar 28,57%, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar materi pokok reaksi redoks pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Snowball Throwing, Prestasi Belajar, Reaksi Redoks.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5425

Actions (login required)

View Item View Item