PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

ANGGRAENI, DIAH (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X (aktifitas dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran) pada materi pokok Sistem Periodik Unsur (SPU). Dari 9 kelas yang ada, diambil 2 kelas sebagai kelas sampel, yaitu kelas X.7 sebagai kelas kontrol dan X.8 sebagai kelas eksperimen. Penentuan kelas dilakukan dengan cara pengundian sederhana. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket motivasi belajar siswa. Data lembar observasi dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui peningkatan aktifitas siswa setiap pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi kecenderungan peningkatan aktifitas siswa kelas eksperimen dibandingkan siswa kelas kontrol. Data angket motivasi dianalasis dengan pengukuran Norma Absolut Skala Lima untuk mengetahui kategori motivasi siswa pada kedua kelas sampel dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil pengukuran Norma Absolut Skala Lima menunjukkan bahwa total skor motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 84,4 dan 91,7. Hasil tersebut memberi kesimpulan bahwa kelas eksperimen dan kontrol setelah pelaksanaan penelitian berada pada kategori motivasi cukup tinggi. Hasil perhitungan kuantitatif menunjukkan nilai thitung sebesar -3,457 lebih kecil daripada ttabel (1,67). Hal ini megindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle di kelas eksperimen dan model pembelajaran ekspositoris di kelas kontrol berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Cycle, aktifitas belajar siswa, motivasi belajar siswa.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5426

Actions (login required)

View Item View Item