PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ACTIVITY CARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X MA NW NARMADA TAHUN AJARAN 2010/2011

OKTARINA, LALE RINI (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ACTIVITY CARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X MA NW NARMADA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi komplit.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa di kelas adalah siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk mempelajari materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media permainan activity cards terhadap prestasi belajar kimia pada pokok bahasan struktur atom siswa kelas X MA NW Narmada tahun ajaran 2010/1011. Permainan activity cards menggunakan kartu yang berisi poin-poin yang akan diperoleh oleh siswa bila dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan mengambil dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas X.b sebagai kelas eksperimen dan kelas X.c sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan simple random sampling. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes objektif (pilihan ganda) dan tes uraian yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas kontrol 50,81 dan 58,06% lebih tinggi dari pada nilai rata-rata ketuntasan belajar kelas eksperimen yaitu 50,41 dan 47,62. Berdasarkan hasil analisis varians, nilai sinifikan pada tabel ANOVA adalah0,893 pada taraf signifikan 5% (0,893> 0,05) dan hasil uji F menyebutkan bahwa Fhitung (0,019) < Ftabel (4,03), sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan pada penelitian ini ditolak. Hal ini berarti bahwa media permainan activity cards tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok struktur atom di MA NW Narmada tahun ajaran 2010/1011. Tidak adanya pengaruh penggunaan media disebabkan karena kelemahan media itu sendiri dan kurangnya latihan soal pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Media Permainan Activity Cards.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5428

Actions (login required)

View Item View Item