STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF SCRIPT DENGAN KOOPERATIF ARTIKULASI DI SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2009/2010

Rahman, Fitriati (2010) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF SCRIPT DENGAN KOOPERATIF ARTIKULASI DI SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon antara yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif script dengan kooperatif artikulasi, merupakan penelitian kuasi eksperimen di mana teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling, didapat dua kelas eksperimen yaitu Xd dan Xi yang masing-masing diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif script dan kooperatif artikulasi, sedangkan kelas kontrol yaitu kelas Xc diajarkan dengan metode ceramah. Data hasil belajar diperoleh melalui tes yang dilakukan pada akhir pembelajaran secara berturut-turut rata-rata kelas dari kelas Xc, Xd, dan Xi adalah sebagai berikut: 57,13, 73,18, 69,03 sedangkan untuk persentase ketuntasannya berturut-turut 39,5%, 90,69% dan 88,63%.Uji Anakova, didapat bahwa nilai probabilitas/signifikansi (0,000) < nilai taraf signifikan (0,05). Artinya bahwa Ho dalam penelitian ini ditolak, yaitu ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperetif script dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif artikulasi dan ceramah, dengan melakukan kontrol terhadap prestasi belajar sebelum perlakuan diberikan. Mengenai aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa, dari hasil perhitungan rata-rata aktivitas siswa untuk kelas kooperatif script adalah sama dari ketiga pertemuan yaitu 2,77 dalam katagori “sangat aktif”, sedangkan untuk kelas kooperatif artikulasi dari ketiga pertemuan berturut-turut 2,59, 2,73, dan 2,80 dengan kriteria “sangat aktif” untuk ketiganya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif script, kooperatif artikulasi, aktivitas, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item