PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

FATHILLAH, S. (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIIC SMPN 1 Suralaga. Hal ini disebabkan antara lain : model pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada guru (ceramah) dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Suralaga tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan teknik Inside Outside Circle (IOC) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC semester 1 SMPN 1 Suralaga tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 28 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes essay tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan ada peningkatan skor aktivitas pada setiap siklusnya, prestasi belajar dikatakan telah meningkat apabila rata-rata skor hasil evaluasi yang diperoleh siswa minimal 65,0. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I, II dan III diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut adalah 15,16; 17,84; dan 21,17 dengan kategori cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 61,82 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 52 %, siklus II sebesar 67,12 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 70 %, dan siklus III sebesar 73,20 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 81 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Suralaga pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Inside Outside Circle
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item