PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIIIA SEMESTER II MTS. AL-RAISIYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2009/2010

ADAWIYAH, RABIATUL (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIIIA SEMESTER II MTS. AL-RAISIYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENERAPAN strategi MASRET.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa yang rendah dan metode yang digunakan guru yang masih menggunakan metode ekspositori dimana siswa hanya duduk, mendengar, mencatat, dan menghapal rumus sehingga siswa merasa bosan, jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berakibat pada kurangnya kemauan siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa di Mts. Al – Raisiyah Sekarbela. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, peneliti menerapkan Strategi Pembelajaran MASTER pada pokok bahasan lingkaran. MASTER adalah suatu langkah-langkah pembelajaran yang ditempuh seorang guru dengan menitikberatkan pada proses/ tahap-tahap pembelajaran yang dilalui oleh siswa. MASTER merupakan singkatan dari M (Motivation in your mind), A (Acquiring The Information), S (Seaching Out The Meaning), T (Triggering The Memory), E (Exhibiting What You Know), dan R (Reflecting How You’ve Learned). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran MASTER. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, tahap refleksi dan pelaksanaan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus sedangkan, data aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai prestasi belajar siswa siklus I, II, III masing-masing 62,63; 62,71; dan 64,04. Sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I, II, III masing-masing 9,50; 11,00; dan 16,00. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran master dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIIIA semester II Mts. Ar-Raisiyah Sekarbela 2009/2010

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan strategi pembelajaran master dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item