PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS. AL MA’ARIF QAMARUL HUDA SESAOT TAHUN PELAJARAN 2008/2009

BAKTI, SARIA (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS. AL MA’ARIF QAMARUL HUDA SESAOT TAHUN PELAJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
8. BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa MTs. Al Ma’arif Qamarul Huda Sesaot khususnya kelas VII. Salah satu penyebabnya karena pada pembelajaran matematika selama ini guru hanya menerapkan metode ceramah. Sehingga siswa-siswa menjadi pasif dan hanya menjadi pendengar dari informasi yang disampaikan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan strategi pembelajaran generatif pada materi persegi panjang dan persegi dapat meningkat-kan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Al Ma’arif Qamarul Huda Sesaot. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al Ma’arif Qamarul Huda Sesaot yang berjumlah 25 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, II, dan III adalah 18,5; 23,66 dan 25,51 dengan kategori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sementara itu, rata-rata nilai hasil evaluasi pada siklus I, II, dan III adalah 54,00; 67,63; 81,33 dengan persentase ketuntasan 12%, 56% dan 92%. Hasil analisis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II signifikan dan siklus II ke siklus III juga signifikan. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran generatif pada materi persegi panjang dan persegi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Al Ma’arif Qamarul Huda sesaot tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan strategi pembelajaran generatif pada materi persegi panjang dan persegi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5491

Actions (login required)

View Item View Item