PENGGUNAAN KARTU DOMINO PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XA SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009.

SHOLIHAH R, UMMU (2010) PENGGUNAAN KARTU DOMINO PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XA SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I -Bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 4 Mataram diketahui bahwa prestasi belajar matematika kelas XA masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas XA semester I sebesar 50,00. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 orang dari 39 orang siswa. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor antara lain: kemampuan siswa dalam menangkap materi kurang, keinginan dan perhatian siswa yang rendah akibat pembelajaran yang kurang bervariasi yang didominasi oleh metode ekspositori dalam pembelajaran sehingga kurang memotivasi siswa dalam belajar. Karena itu untuk mengatasi masalah-masalah ini diperlukan variasi dalam pembelajaran yang merangsang siswa dalam belajar yaitu dengan menggunakan kartu domino pada pokok bahasan Trigonometri siswa kelas XA SMA 4 Mataram tahun ajaran 2008/2009 . Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kartu domino pada materi trigonometri meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XA SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2008/2009. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dari tanggal 11 Mei sampai tanggal 30 Mei 2009 dengan menggunakan kartu domino sebagai alat bantu belajar. Pada tiap pertemuan guru melakukan kegiatan pendahuluan, pengembangan, aplikasi dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru memberikan motivasi, melakukan apersepsi, mensosialisasikan kartu domino, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan pengembangan guru menjelaskan materi secara singkat, menjelaskan cara penggunaan kartu domino, membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, kemudian meminta siswa bermain kartu domino untuk menarik perhatian siswa yang kurang dalam belajar. Pada tahap aplikasi siswa mengerjakan soal-soal latihan, kemudian membahas soal secara bersama-sama. Pada tahap penutup siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengerjakan PR. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil evaluasi yang dilakukan tiap siklus. Berdasarkan hasil pelaksanaan tiap-tiap siklus, diketahui nilai rata-rata siswa dari siklus I dan II yaitu berturut 76,4 dan 71,2. Prosentase ketuntasan belajar siswa siklus I dan II berturut-turut 90,18 % dan 81,5 %. Dari hasil tersebut terlihat bahwa terjadi penurunan nilai rata-rata tes evaluasi dari siklus 1 ke siklus 2 akan tetapi ketuntasan belajar siswa siklus 1 dan siklus 2 sudah mencapai indikator penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XA SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2008/ 2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ketuntasan belajar siswa siklus 1 dan siklus 2 sudah mencapai indikator penelitian
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item