PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2006/2007

MEGASARI, BAIQ INDAH (2010) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2006/2007. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap strategi pembelajaran dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram semester genap tahun akademik 2006/2007. Indikator strategi pembelajaran dalam penelitian ini adalah metode mengajar, pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran, frekuensi kehadiran dosen, penguasaan materi, interaksi belajar mengajar, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket campuran. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Matematika yang terdaftar pada semester genap Tahun Akademik 2006/2007. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampling pertimbangan) berdasarkan salah satu mata kuliah yang telah ditempuh oleh mahasiswa yaitu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Matematika (BMF 4138) pada semester V. Sehingga sampel penelitian ini adalah mahasiswa matematika yang terdaftar pada mata kuliah semester VI dan VIII yaitu Aljabar Abstrak, Analisa Kompleks, Seminar Pendidikan Matematika, Matematika Diskrit, Analisa Riil, Persamaan Differensial Parsial, Matematika Ekonomi, Evaluasi Hasil Belajar Matematika, Teori Graf, dan Metode Penelitian Matematika. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari analisis data diperoleh bahwa secara umum persepsi mahasiswa terhadap strategi pembelajaran dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram Tahun Akademik 2006/2007 dapat dikategorikan baik dengan rata-rata 65,78% dan sangat baik dengan rata-rata 88,57%. Ini artinya bahwa strategi yang digunakan dosen dalam proses pembelajaran sudah baik, tetapi masih ada indikator yang belum tercapai dengan baik. Pemisahan menjadi dua bagian pada rata-rata dilakukan karena terdapat 4 item angket yang bersifat aditif terhadap 25 item lainnya. Dilihat dari masing-masing indikator, indikator yang pencapaiannya masih kurang baik adalah pada indikator variasi metode mengajar. Indikator yang terlaksana dengan baik adalah indikator interaksi belajar mengajar. Deskripsi strategi pembelajaran yang diharapkan mahasiswa secara umum adalah dosen menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan ketika menyampaikan materi perkuliahan santai, tidak mengejar target, dosen menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dosen menguasai materi perkuliahan, dosen lebih menghargai waktu, dosen menggunakan sistem penilaian yang jelas, dosen lebih mementingkan mahasiswa dari pada tugas luar yang diberikan oleh pihak kampus. Hal-hal lain yang penting adalah mahasiswa menginginkan dosen yang menciptakan suasana demokratis, dan melaksanakan perkuliahan dua arah agar suasana pembelajaran menjadi hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode pembelajaran yang bervariasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item