PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP ISLAM TERPADU ABU HURAIRAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2008/2009

HIDAYAT, SAEFUDDIN (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP ISLAM TERPADU ABU HURAIRAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .rtf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada pokok bahasan garis dan sudut, serta kurangnya aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran lebih bersifat terpusat hanya pada guru. Guru tidak melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini akan mengakibatkan pembelajaran matematika membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya aktivitas siswa dalam pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Abu Hurairah Mataram pada pokok bahasan garis dan sudut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu berkelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus, dimana siklus I dan siklus II dilakukan dalam 3 kali pertemuan dan pertemuan ke-4 evaluasi serta pertemuan ke-3 dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-3 dilakukan evalusi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Abu Hurairah yang berjumlah 23 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor aktivitas siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas adalah 11,55 dengan kategori aktif sedangkan pada siklus II dan III skor aktivitas siswa berturut-turut adalah 13,67 dan 15,67 dengan kategori sangat aktif. Selain itu, rata-rata nilai berturut-turut dalam 3 siklus adalah 65,75; 72,74; 75,98. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat, hal ini disebabkan karena siswa aktif berbagi informasi dan pemahaman dalam setingan diskusi dengan teknik tari bambu berkelompok sehingga materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Abu Hurairah Mataram pada materi garis dan sudut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran kooperatif teknik tari bambu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:29
Last Modified: 13 Jul 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item