PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKSELERASI PADA SUB MATERI POKOK SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ANDINI, SRI AYU (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKSELERASI PADA SUB MATERI POKOK SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
11 Bab I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII-C SMP Negeri 1 Kuripan masih menggunakan pendekatan pembelajaran tradisional, yang mengutamakan penyajian fakta, melalui hafalan dan ingatan dan kurangnya soal latihan yang diberikan guru kepada siswa menyebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk berdiskusi dalam menemukan sendiri suatu konsep atau memecahkan masalah sehingga siswa menjadi pasif dan kurang mendalami konsep dari suatu materi dalam pelajaran matematika. Akibatnya, hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada sub materi segiempat yang dibatasi pada bangun belah ketupat dan layang-layang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus Setiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi, dimana indikator yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar matematika siswa mengalami peningkatan rata-rata skor dibandingkan siklus sebelumnya dan minimal berkategori aktif serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal minimal sebesar 85% pada setiap siklus setelah diterapkan pendekatan pembelajaran akselerasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas masing-masing 6,75; 8,62 dan 10,75 dengan kategori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa tiap siklus masing-masing 62,9; 72,38 dan 84,71 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 27,59%, 69,23% dan 85,71%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran akselerasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada sub materi pokok segiempat di kelas VII-C SMP Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Pendekatan Akselerasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item