PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 SMPN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

APRIANDI, MOH. IRWAN HADISAPUTRA (2016) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 SMPN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII.2 SMPN 4 Mataram, diketahui bahwa metode mengajar yang digunakan berpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima konsep matematika dan tidak mamahami proses perumusan konsep tersebut akibatnya hasil belajar siswa rendah. Untuk itu dibutuhkan metode yang mampu meningkatkan hasil belajar yaitu metode penemuan terbimbing. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode penemuan terbimbing pada materi pokok segitiga siswa kelas VII.2 SMPN 4 Mataram tahun pelajaran 2014 / 2015. Penelitian ini dilakukan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 semester II SMPN 4 Mataram tahun pelajaran 2014 / 2015 pada materi pokok segitiga melalui metode penemuan terbimbing. Manfaat dari penelitian ini adalah melatih siswa untuk berperan aktif dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I adalah 73,59 dengan ketuntasan klasikal 75,76% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,84 dengan ketuntasan klasikal 84,85% sedangkan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,61 dengan ketuntasan klasikal 90,91%. Berdasarkan seluruh data yang diperoleh selama penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing pada materi pokok segitiga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.2 SMPN 4 Mataram Tahun Pelajaran 2014 / 2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar dan Metode Penemuan Terbimbing
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:27
Last Modified: 13 Jul 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item