PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII L SMPN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NANDASARI, ARINI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII L SMPN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
3. Jurnal Skripsi Arini Nandasari E1R012002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa yang berdampak pula pada rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam menyampaikan materi, khususnya materi kubus dan balok, masih belum optimal. Diperlukan model pembelajaran yang tepat agar siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dimana dalam penerapannya siswa akan dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga diharapkan berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII L SMPN 1 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 pada materi kubus dan balok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 10,33 dengan kategori kurang aktif dan pada pertemuan 2 adalah 11,66 dengan kategori aktif. Kemudian skor aktivitas belajar siswa pada siklus 2 pertemuan 1 adalah 14,67 dengan kategori sangat aktif dan pada pertemuan 2 adalah 16,68 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian, terdapat peningkatan skor aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah 83,75 dan 88,87 dengan ketuntasan klasikal masingmasing siklus 77,5% dan 89,74%. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi kubus dan balok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII L SMPN 1 Mataram tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:26
Last Modified: 13 Jul 2018 01:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item