PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

AFRIANSYAH, DILLA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dilla Afriansyah (E1R112016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa pada materi segiempat yang disebabkan oleh kurang optimalnya penerapan model Problem Based Learning yang dilakukan oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa pada materi tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengoptimalan penerapan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran segiempat dengan menerapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut sebesar “7,99”, “10,34”, “12”, “13,01”, “14,66”, dan “16,01” dengan kategori berturut-turut yakni “kurang aktif”, kurang aktif”, “aktif”, “aktif”, “sangat aktif”, dan “sangat aktif”. Selanjutnya ketuntasan klasikal pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut sebesar 72,73%, 81,82% dan 90,48%. Melihat keseluruhan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran segiempat kelas VII C SMPN 1 Batulayar tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item