PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X BAHASA MAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA MATERI PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING

HAJAR, SITI (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X BAHASA MAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA MATERI PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITIHAJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting dan wajib diajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Akan tetapi, sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di Indonesia masih belum memuaskan. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa juga terjadi di kelas X Bahasa MAN Gerung pada materi pembelajaran trigonometri. Oleh sebab itu diperlukan suatu model yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajarnya seperti halnya model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Bahasa MAN Gerung tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pembelajaran trigonometri melalui penerapan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua siklus I adalah berturut-turut 10,01 dan 11,33 dengan kategori cukup dan tinggi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas siswa adalah 13,33 dan 15,00 dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus III adalah 15,67 dengan kategori sangat tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 72,47, 84,85 dan 85,31 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 65,38% , 80,76 % dan 88,46%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada materi pembelajaran trigonometri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Bahasa MAN Gerung tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model Discovery Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item