PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XA SMA ISLAM TERPADU PUTRI ABU HURAIRAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PETRIAH, RENI AYUDA (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XA SMA ISLAM TERPADU PUTRI ABU HURAIRAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA SMA Islam Terpadu Putri Abu Hurairah Mataram tahun pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran materi ruang dimensi tiga melalui penerapan model kooperatif tipe think pair square. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serts refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua siklus I masing-masing adalah 16,32 dan 19,68 dengan kategori cukup tinggi dan sangat tinggi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa masing-masing adalah 18,34 dan 19,99 dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus III skor aktivitas belajar siswa masing-masing adalah 20,01 dan 22,67 dengan kategori sangat tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 68,03; 68,54; dan 72,82 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 51,28%; 58,97%; dan 87,18%. Dari aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus III mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair square pada materi pembelajaran ruang dimensi tigasecara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA SMA Islam Terpadu Putri Abu Hurairah Mataram tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model kooperatif tipe think pair square.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5572

Actions (login required)

View Item View Item