UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK (COOPERATIVE LEARNING) TIPE PERTUKARAN TRIO MEMUTAR (ROTATING TRIO EXCHANGE) SISWA KELAS IV SDN 34 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016

UTARI, IDA AYU PATNI (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK (COOPERATIVE LEARNING) TIPE PERTUKARAN TRIO MEMUTAR (ROTATING TRIO EXCHANGE) SISWA KELAS IV SDN 34 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL pdf.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ketercapaian hasil belajar siswa belum mencaai KKM secara maksimal pada mata pelajaran IPA kelas IV sehingga perlu ada upaya untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE (Rotating Trio Exchange). Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange siswa kelas IV SDN 34 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan dari penelitan ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data yaitu tes untuk hasil belajar siswa pada setiap pertemuan, serta observasi untuk aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatkan kualitas proses pembelajaran yaitu, aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 16,12 dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 20,09 dengan kategori aktif. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 16,5 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II memperoleh skor 21 dengan kategori baik. Begitu juga untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 dengan presentase ketuntasan klasikal 56% pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 85 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 34 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item