PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP 1 SMKN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

KRISNAWAN, WAYAN AGUS GITA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP 1 SMKN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WAYAN AGUS GITA KRISNAWAN (E1R012052).docx
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa SMKN 1 Mataram. Hal ini disebabkan karena model yang diterapkan guru dalam kegiatan pembelajaran yang belum efektif. Model pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI AP 1 SMKN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran statistika melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang diadakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I, II dan III berturut-turut yaitu 10,32 dengan kategori cukup, 13,01 dengan kategori tinggi dan 16,34 dengan kategori sangat tinggi. Selain itu ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III berturut-turut yaitu 63,41%, 73,17% dan 87,80%. Berdasarkan skor aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa sangat baik setelah diterapkan model Problem Based Learning pada pembelajaran statistika kelas XI AP 1 SMKN 1 Mataram tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item