PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 4 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI

MARYATI, MARYATI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 4 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MARYATI E1R112041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMP N 4 Lingsar. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran belum sesuai dengan karakteristik siswa, siswa belum mampu menyelesaikan tugasnya secara individu dan masih mengharapkan bantuan teman kelasnya. Untuk mengatasi permasalah ini, salah satu caranya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016 pada materi bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari tiga siklus, siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, siklus II dan siklus III dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari lima kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, danrefleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat, jika aktivitas belajar siswa dari siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga dapat meningkat minimal berkat agoriaktif. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat, jika pada siklus akhirya itu siklus ketiga siswa tuntas secara klasikal yaitu sekurang-kurangnya 85% siswa telah mencapai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I, II dan III berturut-turut 20,67 berkategori cukup aktif, 23,58 dan 27,67 berkategori aktif. Sedangkan prestasi siswa yaitu ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I adalah 62,50%, pada siklus II meningkat menjadi 76,52%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Lingsar pada materi bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatiftipe Team Assisted Individualization (TAI), aktivitas belajar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5578

Actions (login required)

View Item View Item