PENERAPAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI POKOK GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kamalasari, Mila (2016) PENERAPAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI POKOK GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MILA KAMALASARI E1R112042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode discovery berbantuan media pada materi pokok Garis dan Sudut dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Labuapi. Dalam penerapannya metode discovery ini melalui beberapa tahapan yaitu stimulus, merumuskan hipotesis, data collection, generalisasi dan mengkomunikasi. Metode discovery ini didukung oleh media pembelajaran dalam penerapannya. Media tersebut diantaranya adalah lembar kerja siswa, powerpoint, alat peraga dan charta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Labuapi yang berjumlah 24 orang dengan 16 orang siswa dan 8 orang siswi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes prestasi belajar siswa berupa tes uraian yang diberikan pada akhir tiap siklus. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus I rata-rata skor sebesar 12,51 masuk pada kategori aktif, siklus II dengan rata-rata skor sebesar 13,79 dengan kategori sangat aktif. Tidak hanya aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa juga meningkat dengan nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I sebesar 76,34 dengan ketuntasan klasikal 83,33%, siklus II nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa sebesar 78,21 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Dengan kata lain, metode discovery berbantuan media dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, prestasi Belajar, metode discovery, media
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item