PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017

Rosnawati, Desi (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DESI ROSNAWATI NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan masih rendahnya kemampuan anak dalam menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak, Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara hati tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive sampling dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh sampel yaitu kelompok B3 rentang usia 5-6 tahun berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat serta uji hipotesis menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak anak setelah diuji menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi sebesar 5%, hasil t hitung sebesar 8,681 dan t tabel sebesar 2,120 (8,681>2,120) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian ini diharapkan metode bercerita untuk dijadikan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menyimak, Metode Bercerita
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:24
Last Modified: 13 Jul 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item