PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HIDAYANTO, NUR ROCHMAD (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR ROCHMAD HIDAYANTO_E1R 112 053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran sistem koordinat di kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap pertemuan tiap siklus. Skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 23,5 dan 27,15 dengan kategori masing-masing aktif dan sangat aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 28 dan 30,15 dengan kategori sangat aktif. Untuk rata-rata nilai kelas yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 79,97 dan 81,11 dengan urutan ketuntasan klasikal 63,89% dan 86,11% yang telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran sistem koordinat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII 5 SMPN 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem based learning, aktivitas, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:24
Last Modified: 13 Jul 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5584

Actions (login required)

View Item View Item