HIDAYANTO, NUR ROCHMAD (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI NUR ROCHMAD HIDAYANTO_E1R 112 053.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran sistem koordinat di kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap pertemuan tiap siklus. Skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 23,5 dan 27,15 dengan kategori masing-masing aktif dan sangat aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 28 dan 30,15 dengan kategori sangat aktif. Untuk rata-rata nilai kelas yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 79,97 dan 81,11 dengan urutan ketuntasan klasikal 63,89% dan 86,11% yang telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran sistem koordinat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII 5 SMPN 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem based learning, aktivitas, prestasi belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 01:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 01:24 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5584 |
Actions (login required)
View Item |