PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AP-2 SMK NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

JANNAH, ZAHRATUL (2016) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AP-2 SMK NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAHRATUL JANNAH E1R 010 013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015 serta untuk mengetahui bagaimana perbandingan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar kelas X SMK Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015, sedangkan sampel penelitian diperoleh dengan mengambil 2 kelas dari populasi menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X AP-2 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X AP-1 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari data motivasi dan tes untuk memperoleh data prestasi belajar. Data motivasi dan prestasi belajar matematika dianalisis dengan menggunakan uji-t satu pihak. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa semua artinya semua Ho yang diujikan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa serta model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika kelas X SMK Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:24
Last Modified: 13 Jul 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item