PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CORE (CONNECT, ORGANIZE, REFLECT, EXTEND) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 6 MATARAM

JAYANTI, DESI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CORE (CONNECT, ORGANIZE, REFLECT, EXTEND) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe CORE (Connect, Organize, Reflect, Extend) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data hasil kemampuan berpikir krtis peserta didik diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (3,306) > (1,960) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning Tipe CORE (connect, organize, reflect, extend) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning Tipe CORE (connect, organize, reflect, extend), Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:24
Last Modified: 13 Jul 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item