PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GRUP INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS UNSUR INTRINSIK PUISI PADA SISWA KELAS X SMK AL-MUJAHIDDIN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Agustian Lestari, Sri (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GRUP INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS UNSUR INTRINSIK PUISI PADA SISWA KELAS X SMK AL-MUJAHIDDIN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SRI AGUSTIAN LESTARI E1C114107.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh metode kooperatif model grup investigasi terhadap kemampuan analisis unsur intrinsik puisi pada siswa kelas x smk al-mujahiddin gerung tahun pelajaran 2017/2018 ini dilatar belakangi oleh presentasi rendahnya nilai yang diperoleh siswa, mencapai13,04%. Dilihat dari arsip nilai dari kelas X SMK Al-Mujahiddin tahun 2017, hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang hanya sebesar 34,85%, sedangkan nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 75, 13,04% dinyatakan tuntas. Kurang efektifnya pembelajaran bahasa Indonesia tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Analisis Unsur Intrinsik Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Al- Mujahiddin Gerung Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga, rumusan masalahnya adalah, apakah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif model grup investigasi terhadap kemampuan analisis unsur intrinsik puisi pada siswa kelas x SMK Al-Mujahiddin Gerung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen semu dan menggunakan teknik one group pretest- posttest design. Jenis penelitian tersebut merupakan penelitian ekperimen yang mendekati percobaan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes, dan metode analisis data menggunakan uji T. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yakni kelas X SMK dengan jumlah dua puluh tiga siswa menggunakan metode kooperatif model grup investigasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu T hitung 11,7 > T tabel yaitu 2,047, dengan selisih peningkatan 31,5. Peningkatan kemampuan analisis unsur intrinsik puisi dari hasil penghitungan uji N-gain adalah 0,6225 jika dibulatkan akan menjadi 0,6 ini berarti peningkatannya sedang yakni antara 0,7 dan 0,3 dikategorikan sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Analisis Unsur Intrinsik Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Al-Mujahiddin Gerung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode kooperatif model grup investigasi, kemampuan analisis, unsur intrinsik puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:24
Last Modified: 13 Jul 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item