NALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TEKS FABEL KARYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Safitri, Anindya (2018) NALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TEKS FABEL KARYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Anindya Safitri (E1C113007).pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bentuk kesalahan berbahasa dalam teks fabel karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana bentuk kesalahan berbahasa dalam teks fabel karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2016- 2017? dan (2) langkah-langkah apa sajakah yang perlu dilakukan agar kesalahan berbahasa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2016-2017 dapat diatasi? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa dalam teks fabel karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2016-2017 dan (2) mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mengatasi kesalahan berbahasa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif karena berusaha mendeskripsikan kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks fabel karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tugas, metode catat, dan metode wawancara. Metode analisis data yang digunakan, yaitu membaca, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menginterpretasikan data, kemudian disimpulkan hasilnya. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) ditemukan kesalahan berbahasa berjumlah 461 kasus kesalahan yang meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital berjumlah 194 kasus kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata berjumlah 60 kasus kesalahan, dan (3) kesalahan penggunaan tanda baca berjumlah 207 kasus kesalahan dan (2) langkah-langkah mengatasi kesalahan berbahasa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung, yaitu dengan cara memotivasi siswa agar lebih banyak membaca buku, memberikan pemahaman mengenai penggunaan ejaan, memberikan latihan menulis kepada siswa, mengakhiri tugas dengan menyimpulkan cara penulisan yang sesuai dengan kaidah ejaan, dan memberikan catatan di lembar tugas siswa mengenai kesalahan ejaan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Kesalahan, Berbahasa,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:23
Last Modified: 13 Jul 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item