PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AENUN, AENUN (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP AENUN (E1R 112 001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Kediri, akitivitas dan prestasi belajar matematika siswa masih rendah hal ini disebabkan oleh suasana belajar di kelas yang membosankan khususnya di kelas VIII D. Tetapi peneliti melihat adanya potensi yang dapat dikembangkan untuk menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan, yaitu sebagian siswa lebih aktif dalam belajar jika mengaitkan jawaban pribadi dengan jawaban yang sudah dipresentasikan, sebagian siswa antusias belajar jika diberikan hadiah dan sebagian siswa memiliki kemampuan berkompetisi dalam permainan,. Oleh karena itu penulis melakukan penelian dengan menerapkan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 9,65 dengan katagori cukup. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 12,65 dengan katagoi tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata nilai pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 69,79 dan 81,73 dengan ketuntasan klasikal masing-masin gsiklus 70,83% dan 88,64%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari prestasi belajar siswa bahwa terjadi paningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing pada pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:23
Last Modified: 13 Jul 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item View Item