PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B MTs NW SURADADI TAHUN AJARAN 2015/2016

DIRMAYANTO, DIRMAYANTO (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B MTs NW SURADADI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas VIII B MTs NW Suradadi tahun ajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Lingkaran melalui penerapan model Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari lima tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa dan guru yang disusun dalam lembar observasi yang terdiri dari enam indikator dimana masing-masing indikator terdiri dari 3 deskriptor dan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil evaluasi setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan hasil belajar rata-rata nilai siswa minimal 70 dengan ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 15,99 dengan kategori sangat aktif, pertemuan 2 adalah 15,66 dengan kategori sangat aktif dan pertemuan 3 adalah 15,99 dengan kategori sangat aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa pertemuan 1 adalah 16 dengan kategori sangat aktif dan pertemuan 2 adalah 16,32 dengan kategori sangat aktif sedangkan rata-rata nilai prestasi belajar siklus I dan siklus II masing-masing yakni 70,40 dan 82,54 dengan ketuntasan klasikal berturut-turut yakni 81,48% dan 88,46%. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada pokok bahasan Lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII B MTs NW Surdadi tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, aktivitas, prestasi belajar, Lingkaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:23
Last Modified: 13 Jul 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item