PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HASANAH, HUSWATUN (2017) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HUSWATUN HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 10 Mataram. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara disebabkan bahwa, dalam proses pembelajaran yang diterapkan di kelas, guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran, sehingga guru merupakan sumber utama pengetahuan dalam pembelajaran atau biasa disebut teacher centered, sedangkan siswa hanya berperan sebagai penerima informasi atau hanya mendengar penjelasan dari guru. Hal ini mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa dalam proses belajar karena pembelajaran bersifat monoton dan siswa cenderung pasif. Keadaan tersebut berakibat pada hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 59%. Nilai tersebut masih sangat jauh dari presentase minimal yaitu 85% dengan KKM sebesar 79. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Mataram, melalui penerapan model Quantum Learning. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, berasal dari siswa dan guru kelas IV SDN 10 Mataram, yakni melaui lembar observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh jumlah skor guru yaitu 12 dengan kategori cukup baik dan aktivitas siswa yaitu 36 dengan kategori cukup aktif dan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 83,08 dengan ketuntasan klasikal 76,47%. Sedangkan hasil penelitian siklus II diperoleh jumlah skor aktivitas guru yaitu 14 dengan kategori baik dan aktivitas siswa yaitu 42 dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 88,08 dengan ketuntasan klasikal 88,23%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 10 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Quantum Learning, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:18
Last Modified: 30 Aug 2017 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item